Total Tayangan Halaman

Sabtu, 15 September 2012

Tugas blog

SOAL EKONOMI KELAS X  :  Kelangkaan , kebutuhan ,  sistem ekonomi


tulislah di blog kalian :

  1.  kebutuhan anda sebagai siswa !
  2. bagaimana ilmu ekonomi mengatur agar semua kebutuhan yang tidak terbatas bisa di penuhi dengan sumber daya yang terbatas !
  3. ceritakan sebuah kisah tentang biaya peluang yang pernah anda alami selama ini !
  4. menurut anda , indonesia lebih tepat menganut sistem ekonomi apa ? berikan penjelasan !


answer :

  1. ilmu dari guru , buku , alat tulis , fasilitas yang memadai , belajar 
  2.  dengan cara memanfaatkan sumber daya yang terbatas dengan semaksimal mungkin  dengan membuat barang atau jasa yang berguna bagi manusia dan bisa memenuhi sumber daya yang tidak terbatas dengan sumber daya yang  terbatas
  3. waktu dulu saya pernah mempunyai duit kira-kira Rp.700.000,00 .  pada saat itu saya ingin membeli tiket nonton linkin park, tetapi pada saat itu saya bingung. apakah ingin di belikan tiket tersebut atau di belikan ke gitar? .dan akhirnya ibu sya berkata "udh mi mending beli gitar aj,daripada beli tiket nya,sayang kalau gitar kan bisa buat nge band" .kemudian saya berpikir sejenak , dan bener juga sih kata nyokap.dan akhirnya beli gitar deh ( yang gitar di sebut eksplisit ,  sedangkan yang tiket d sebut implisit)
  4. sepertinya indonesia lebih menganut ke sistem ekonomi campuran . karena tidak sepenuh nya pemerintah menguasai perekonomian ,contoh : sebagian sumber daya di kuasai oleh pemerintah (melalui BUMN) , kalau  pasar "pemerintah tidak menguasai perekonomian , tetapi malah masyarakat lah yang menguasai"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar